Selamat Datang di Portal Sekolah MI Roudlotun Nasyiin

Visi Misi dan Tujuan MI Roudlotun Nasyiin


VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH
Untuk mencapai tujuan pendidikan MI Roudlotun Nasyiin merusmuskan visi, misi, dan tujuan sebagai berikut :
1. Visi
MI Roudlotun Nasyiin Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto akan dikembangkan atas dasar visi sebagai berikut :
Terwujudnya Generasi yang Berkualitas dalam IMTAQ dan IPTEK.
Adapun indikator terhadap terwujudnya visi dengan mengoptimalkan hal hal sebagai berikut :
1.    Implementasi sistem pendidikan terpadu.
2.    Pelaksanaan proses pembelajaran yang komprehensif.
3.    Penciptaan situasi belajar yang kondusif.
4.    Pengamalan ajaran Islam dalam kegiatan sehari-hari.
2. Misi
Adapun Misi MI Roudlotun Nasyiin  Beratkulon adalah :
1.    Menumbuhkan dan meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan terhadap Allah SWT serta meningkatkan sikap disiplin dalam membentuk warga sekolah yang berbudaya santun dan berakhlak mulia.
2.    Meningkatkan proses pembelajaran dan bimbingan serta pembinaan secara terus menerus dalam mencapai prestasi di bidang akademik dan non akademik berbasis IT (Information and Technology).
3.    Meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik dalam mengembangkan segala potensi diri sesuai dengan bakat dan minat.
4.    Mewujudkan tujuan pendidikan yang memenuhi 8 Standar  Nasional Pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
5.    Menumbuhkan budaya peduli lingkungan bagi semua warga sekolah .
Untuk merealisasikan Visi dan Misi MI Roudlotun Nasyiin  Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto, perlu mengoptimalkan beberapa komponen Madrasah , yaitu :
1.Mengoptimalkan Implementasi Sistem Pendidikan Terpadu, meliputi :
1.1. Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
a.  Menempatkan tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan sertifikasi dan kualifikasi pendidikannya.
b.    Mengembangkan sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan secara rutin dan berkesinambungan.
c.         Melaksanakan supervisi tenaga pendidik dan kependidikan secara terpadu.
d.      Melaksanakan   pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
1.2. Siswa.
a.    Mengoptimalkan potensi siswa dengan berbagai macam aktivitas kependidikan dan dukungan perangkat kependidikan yang memadai.
b.       Mengoptimalkan  prestasi siswa dalam kenaikan dan kelulusan.
c.       Mengoptimalkan prestasi akademik dan non-akademik.
d.     Mengoptimalkan prestasi siswa secara akademis terhadap mutu lulusan dari tahun ke tahun agar mampu melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, baik negeri maupun swasta, pendidikan umum maupun agama
e.       Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Islam sebagai dasar pijakan dalam bertindak-tanduk dalam kehidupan sehari-hari.
f.     Menjunjung tinggi akhlak mulia dan budaya bangsa yang menjadi pedoman  siswa dalam mengabdikan diri terhadap nusa dan bangsa.
g.     Membekali siswa dengan keterampilan dasar ikhlas beramal sehingga dapat menjadi pribadi muslim yang utuh, yaitu beramal yang ilmiah dan berilmu yang amaliah
h.       Membekali anak didik dengan kecakapan hidup ( life skill ) secara aktif sebagai bekal keterampilan dasar agar dapat mengaktualisasikan diri dalam   menghadapi problema kehidupan secara mandiri, wajar, dan kreatif mencari dan menemukan solusinya dengan tepat.
1.3. Materi Belajar (Kurikulum).
a.         Melakukan inovasi kurikulum dalam kegiatan intra maupun ekstra kurikuler.
b.         Mengembangkan materi terkait dengan teknologi modern (teknologi informatika).
1.4. Sarana dan Media Kependidikan.
a.       Menyediakan ruang belajar yang lengkap dan representatif.
b.  Menyediakan sarana penunjang dan pengembangan pembelajaran (laboratori-um, perpustakaan) yang memadai.
c.   Memanfaatkan teknologi modern terkait dengan pelayanan TU dan manajemen pembelajaran
d.        Menyediakan Musholla sebagai sarana pengamalan ajaran agama Islam.
1.5. Orang Tua/Masyarakat
a.       Mengoptimalkan Peran Serta Masyarakat (PSM) melalui Komite Sekolah
b.       Memenuhi kebutuhan pelayanan dalam bidang pendidikan kepada masyarakat.
2.  Mengoptimalkan Pelaksanaan Proses Pembelajaran yang Komprehensif.
2.1. Persiapan
a.       Mengembangkan perangkat pembelajaran intra maupun ekstra kurikuler.
b.      Menyusun program kependidikan madrasah secara menyeluruh
c.      Meningkatkan peran serta masyarakat dan ahli pendidikan dalam penyusunan program.
2.2. Pelaksanaan
a.  Mengimplementasikan Pembelajaran yang Aktif, Inovatif,  Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).
b.      Melaksanakan tugas yang bertanggung jawab dari segenap komponen madrasah.
c.       Memadukan kerja antar komponen dalam madrasah.
2.3. Penilaian
a.     Melakukan penilaian yang kontinyu, komprehensif, terpadu, objektif, kooperatif, dan akuntabel dalam proses pembelajaran.
b.     Melakukan penilaian yang kontinyu, komprehensif, terpadu, objektif, kooperatif, dan akuntabel dalam proses pelaksanaan tugas seganap komponen madrasah.
 2.4. Tindak Lanjut
a.         Melakukan pengayaan bagi siswa yang memenuhi Standart Kompetensi Minimal.
b.         Melakukan remedial bagi siswa yang belum mencapai Standart Kompetensi Minimal.
c.         Memberikan reward bagi personel yang beprestasi.
d.        Memberikan punishment dan pembinaan personel yang melakukan kesalahan.
3. Mengoptimalkan Penciptaan Situasi Belajar yang Kondusif.
3.1. Iklim Belajar yang Positif
a.         Mengoptimalkan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan profesional.
b.         Menyediakan fasilititas pendidikan yang memadai.
c.         Mengembangkan materi belajar sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa.
d.        Mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang bervariasi.
3.2. Iklim Kerja yang Kondusif.
a.         Mengembangkan prinsip ikhlas beramal.
b.         Mengembangkan prinsip kerja sebagai ibadah.
c.         Mengembangkan kepemimpinan yang baik.
d.        Mengembangkan kesejahteraan personel.
3.3. Pengembangan Aspek 6 K di Madrasah (Kedisiplinan, Ketertiban,  Kebersihan, Keamanan, Kekeluargaan, dan Kerindangan).
a.         Mengadakan sosialisasi terpadu dan berkelanjutan.
b.         Melaksanakan prinsip 6 K.
c.         Memberi motivasi dan keteladanan pelaksanaan 6 K.
d.        Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan 6 K.
4. Mengoptimalkan Pengamalan Ajaran Islam dalam Kegiatan Sehari-hari.
4.1. Penanaman Aspek Aqidah/Keimanan.
a.         Menanamkan aqidah Islam dalam proses pembelajaran intra maupun ekstra kurikuler.
b.         Mengamalkan prinsip aqidah Islam dalam kegiatan sehari-hari.
c.         Meluruskan penyimpangan aqidah Islam
4.2. Pengamalan Aspek Syariah/Keislaman
a.         Melaksanakan pembelajaran aspek syariah dan ibadah kepada siswa
b.         Melaksanakan praktik ibadah dalam kegiatasn pembelajaran intra maupun ekstra kurikuler.
c.         Mengembangkan etos kerja sebagai ibadah.
4.3. Pengembangan Aspek Akhlaq al-Karimah/Ihsan.
a.    Mengembangkan akhlaq al-karimah dan budi pekerti luhur dalam pembelajaran dan perilaku sehari-hari.
b.    Mengembangkan akhlaq al-karimah dan budi pekerti luhur dalam kehidupan seharĂ­-hari.
c.        Menerapkan prinsip kerja dan hubungan sosial yang Islami.
d.    Mengembangkan ukhuwah islamiyah antara siswa, guru, tenaga kependidikan, dan komite madrasah dalam kehidupan sehari-hari.

3.   Tujuan Madrasah
Dengan mengacu pada visi dan misi di atas, maka tujuan yang hendak dicapai oleh                       MI                 Roudlotun Nasyiin  Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai berikut :
1.    Membangun citra Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin  Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai sekolah yamg didambakan masyarakat dengan peningkatan kualitas layanan terhadap peserta didik.
2.    Meningkatkan efektifitas belajar mengajar yang inovatif, dan dapat memotivasi siswa menjadi kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur dengan didukung pengembangan minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.
3.    Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin  Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai Wiyata  Mandala dan Adiwiyata, serta dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing ditingkat regional, nasional dan global.
4.    Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dengan mengacu pada tujuan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin  Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto, serta tujuan kurikuler yang ada di dalam KTSP dan SKM.
5.    Terciptanya kegiatan belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk berinisiatif, inovatif serta mengembangkan minat pada kegiatan ekstra kulikuler.
6.    Tertingkatkannya citra Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin  Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto di tengah- tengah masyarakat pendidikan khususnya dan masyarakat pada umumnya.
7.    Terwujudnya Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin  Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai Wiyata Mandala dan Adiwiyata.

Post a Comment

KEPALA MADRASAH

 
Copyright © 2016. MI Roudlotun Nasyiin - All Rights Reserved
Supported by Create Kreatif Indo