VISI,
MISI, DAN TUJUAN MADRASAH
Untuk mencapai tujuan pendidikan MI Roudlotun Nasyiin merusmuskan
visi, misi, dan tujuan sebagai berikut :
1. Visi
MI Roudlotun Nasyiin Beratkulon Kec. Kemlagi
Kab. Mojokerto akan
dikembangkan atas dasar visi sebagai berikut :
” Terwujudnya Generasi yang Berkualitas dalam IMTAQ dan IPTEK”.
Adapun
indikator terhadap terwujudnya visi dengan mengoptimalkan hal hal sebagai
berikut :
1.
Implementasi sistem pendidikan terpadu.
2.
Pelaksanaan proses pembelajaran yang komprehensif.
3.
Penciptaan situasi belajar yang kondusif.
4.
Pengamalan ajaran Islam dalam kegiatan sehari-hari.
2. Misi
Adapun Misi MI Roudlotun Nasyiin Beratkulon adalah :
1. Menumbuhkan dan meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan
terhadap Allah SWT serta meningkatkan sikap disiplin dalam membentuk warga
sekolah yang berbudaya santun dan berakhlak mulia.
2.
Meningkatkan proses pembelajaran dan bimbingan serta pembinaan secara terus menerus dalam mencapai prestasi di bidang
akademik dan non akademik berbasis IT
(Information and Technology).
3.
Meningkatkan pelayanan terhadap
peserta didik dalam mengembangkan segala potensi diri sesuai dengan bakat dan
minat.
4.
Mewujudkan tujuan pendidikan
yang memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan untuk menghasilkan lulusan
yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
5.
Menumbuhkan budaya peduli
lingkungan bagi semua warga sekolah .
Untuk
merealisasikan Visi dan Misi MI
Roudlotun Nasyiin Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto, perlu mengoptimalkan beberapa komponen Madrasah
, yaitu :
1.Mengoptimalkan Implementasi Sistem Pendidikan
Terpadu, meliputi :
1.1. Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
a. Menempatkan tenaga pendidik dan kependidikan sesuai
dengan sertifikasi dan kualifikasi pendidikannya.
b.
Mengembangkan sumber daya tenaga pendidik dan
kependidikan secara rutin dan berkesinambungan.
c.
Melaksanakan supervisi tenaga pendidik dan
kependidikan secara terpadu.
d. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat
berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
1.2. Siswa.
a. Mengoptimalkan potensi siswa dengan berbagai macam
aktivitas kependidikan dan dukungan perangkat kependidikan yang memadai.
b. Mengoptimalkan
prestasi siswa dalam kenaikan dan kelulusan.
c. Mengoptimalkan prestasi akademik dan non-akademik.
d. Mengoptimalkan prestasi siswa secara akademis
terhadap mutu lulusan dari tahun ke tahun agar mampu melanjutkan pendidikan
pada jenjang yang lebih tinggi, baik negeri maupun swasta, pendidikan umum
maupun agama
e. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Islam
sebagai dasar pijakan dalam bertindak-tanduk dalam kehidupan sehari-hari.
f. Menjunjung tinggi akhlak mulia dan budaya bangsa
yang menjadi pedoman siswa dalam
mengabdikan diri terhadap nusa dan bangsa.
g. Membekali siswa dengan keterampilan dasar ikhlas
beramal sehingga dapat menjadi pribadi muslim yang utuh, yaitu beramal yang
ilmiah dan berilmu yang amaliah
h.
Membekali anak didik dengan kecakapan hidup ( life
skill ) secara aktif sebagai bekal keterampilan dasar agar dapat
mengaktualisasikan diri dalam
menghadapi problema kehidupan secara mandiri, wajar, dan kreatif mencari
dan menemukan solusinya dengan tepat.
1.3. Materi Belajar (Kurikulum).
a.
Melakukan inovasi kurikulum dalam kegiatan intra
maupun ekstra kurikuler.
b.
Mengembangkan materi terkait dengan teknologi
modern (teknologi informatika).
1.4. Sarana dan Media Kependidikan.
a. Menyediakan ruang belajar yang lengkap dan
representatif.
b. Menyediakan sarana penunjang dan pengembangan
pembelajaran (laboratori-um, perpustakaan) yang memadai.
c. Memanfaatkan teknologi modern terkait dengan
pelayanan TU dan manajemen pembelajaran
d.
Menyediakan Musholla sebagai sarana pengamalan
ajaran agama Islam.
1.5. Orang Tua/Masyarakat
a. Mengoptimalkan Peran Serta Masyarakat (PSM) melalui
Komite Sekolah
b. Memenuhi kebutuhan pelayanan dalam bidang
pendidikan kepada masyarakat.
2.
Mengoptimalkan Pelaksanaan Proses Pembelajaran yang Komprehensif.
2.1. Persiapan
a. Mengembangkan perangkat pembelajaran intra maupun
ekstra kurikuler.
b. Menyusun program kependidikan madrasah secara
menyeluruh
c. Meningkatkan peran serta masyarakat dan ahli
pendidikan dalam penyusunan program.
2.2. Pelaksanaan
a. Mengimplementasikan Pembelajaran yang Aktif,
Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).
b. Melaksanakan tugas yang bertanggung jawab dari
segenap komponen madrasah.
c. Memadukan kerja antar komponen dalam madrasah.
2.3. Penilaian
a. Melakukan penilaian yang kontinyu, komprehensif, terpadu,
objektif, kooperatif, dan akuntabel dalam proses pembelajaran.
b. Melakukan penilaian yang kontinyu, komprehensif,
terpadu, objektif, kooperatif, dan akuntabel dalam proses pelaksanaan tugas
seganap komponen madrasah.
2.4. Tindak Lanjut
a.
Melakukan pengayaan bagi siswa yang memenuhi
Standart Kompetensi Minimal.
b.
Melakukan remedial bagi siswa yang belum mencapai
Standart Kompetensi Minimal.
c.
Memberikan reward bagi personel yang beprestasi.
d.
Memberikan punishment dan pembinaan personel yang
melakukan kesalahan.
3. Mengoptimalkan Penciptaan Situasi Belajar yang
Kondusif.
3.1. Iklim Belajar yang Positif
a.
Mengoptimalkan pengembangan tenaga pendidik dan
kependidikan profesional.
b.
Menyediakan fasilititas pendidikan yang memadai.
c.
Mengembangkan materi belajar sesuai kebutuhan dan
kemampuan siswa.
d.
Mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang
bervariasi.
3.2. Iklim Kerja yang Kondusif.
a.
Mengembangkan prinsip ikhlas beramal.
b.
Mengembangkan prinsip kerja sebagai ibadah.
c.
Mengembangkan kepemimpinan yang baik.
d.
Mengembangkan kesejahteraan personel.
3.3. Pengembangan Aspek 6 K di Madrasah
(Kedisiplinan, Ketertiban, Kebersihan,
Keamanan, Kekeluargaan, dan Kerindangan).
a.
Mengadakan sosialisasi terpadu dan berkelanjutan.
b.
Melaksanakan prinsip 6 K.
c.
Memberi motivasi dan keteladanan pelaksanaan 6 K.
d.
Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan 6
K.
4. Mengoptimalkan Pengamalan Ajaran Islam dalam
Kegiatan Sehari-hari.
4.1. Penanaman Aspek Aqidah/Keimanan.
a.
Menanamkan aqidah Islam dalam proses pembelajaran
intra maupun ekstra kurikuler.
b.
Mengamalkan prinsip aqidah Islam dalam kegiatan
sehari-hari.
c.
Meluruskan penyimpangan aqidah Islam
4.2. Pengamalan Aspek Syariah/Keislaman
a.
Melaksanakan pembelajaran aspek syariah dan ibadah
kepada siswa
b.
Melaksanakan praktik ibadah dalam kegiatasn
pembelajaran intra maupun ekstra kurikuler.
c.
Mengembangkan etos kerja sebagai ibadah.
4.3. Pengembangan Aspek Akhlaq al-Karimah/Ihsan.
a. Mengembangkan akhlaq al-karimah dan budi pekerti
luhur dalam pembelajaran dan perilaku sehari-hari.
b. Mengembangkan akhlaq al-karimah dan budi pekerti
luhur dalam kehidupan seharĂ-hari.
c.
Menerapkan prinsip kerja dan hubungan sosial yang
Islami.
d. Mengembangkan ukhuwah islamiyah antara siswa, guru,
tenaga kependidikan, dan komite madrasah dalam kehidupan sehari-hari.
3. Tujuan Madrasah
Dengan mengacu pada visi dan misi di atas, maka tujuan yang hendak dicapai
oleh MI Roudlotun Nasyiin
Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai berikut :
1.
Membangun citra Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin Beratkulon
Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai sekolah yamg
didambakan masyarakat dengan peningkatan kualitas layanan terhadap peserta
didik.
2.
Meningkatkan efektifitas
belajar mengajar yang inovatif, dan dapat memotivasi siswa menjadi kreatif,
mandiri dan berbudi pekerti luhur dengan didukung pengembangan minat siswa
melalui kegiatan ekstra kurikuler.
3.
Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin Beratkulon
Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai Wiyata
Mandala dan Adiwiyata, serta dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing
ditingkat regional, nasional dan global.
4.
Terwujudnya peningkatan
kualitas lulusan dengan mengacu pada tujuan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin Beratkulon Kec. Kemlagi Kab.
Mojokerto, serta tujuan kurikuler yang ada di dalam
KTSP dan SKM.
5.
Terciptanya kegiatan belajar
mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk berinisiatif, inovatif serta
mengembangkan minat pada kegiatan ekstra kulikuler.
6.
Tertingkatkannya citra Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin Beratkulon
Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto di tengah- tengah
masyarakat pendidikan khususnya dan masyarakat pada umumnya.
7.
Terwujudnya Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyiin Beratkulon
Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto sebagai Wiyata Mandala dan
Adiwiyata.
Post a Comment